Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian dan Fungsi Sound Card Lengkap Beserta Jenisnya - Komputer pada umumnya mampu digunakan untuk memutar musik dan perekaman suara. Kegiatan memutar dan merekam bunyi disini biasanya menggunakan aplikasi media player atau dengan derma headset untuk mendengarkannya atau merekamnya. Hardware yang terbenam di dalam motherboard yang membantu aplikasi mampu berjalan yakni sound card.
Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris "sound" berarti bunyi , dan "card" berarti kartu , jikalau diartikan seluruhnya soundcard artinya kartu suara. Dalam bahasa sehari-hari mungkin ini tidak akan berarti apa-apa , namun dalam bidang komputer , terutama problem komponen dan hardware , fungsi sound card ini sangat penting. Berikut ini penjelasan pengertian , fungsi dan jenis sound card berdasarkan banyak sekali sumber rujukan baik online maupun offline.
pengertian sound card

Pengertian Sound Card dan Penjelasannya

Pengertian Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara. Audio atau bunyi yang muncul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop ialah hasil olahan data soundcard. Jika anda mengaktifkan aplikasi multimedia pada komputer , namun tidak keluar bunyi atau audionya maka mampu dibilang ada problem pada soundcardnya. Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan teknologi , soundcard memiliki slot USB atau ditancapkan di socket biasanya disebut sound card eksternal.

Jenis Sound Card dan Penjelasannya

Sound card memiliki beberapa jenis berdasarkan cara pemasangannya baik di komputer atau laptop. Ada 3 jenis soundcard , yakni sound card onboard , sound card offboard , dan sound card eksternal. Berikut ini penjelasan 3 jenis sound card berdasarkan cara memasangnya :

1. Sound Card Onboard

fungsi sound card onboard
Soundcard oundboard ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang terpasang pribadi (menempel) pada motherboard komputer. Sound card onboard ini berbentuk chipset yang terpasang pribadi dengan motherboard yang kinerjanya membutuhkan tenaga procesor. Jenis soundcard ibarat ini cocok jikalau anda hanya menggunakan aplikasi multimedia untuk mendengarkan musik/lagu dan bunyi dari film kesukaan anda.

2. Sound Card Offboard

pengertian sound card offboard

Soundcard offboard ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang dipasang ke slot ISA atau PCI pada motherboard komputer. Seiring perkembangan zaman , sekarang ini kebanyakan dipasang pada slot PCI , maka dari itu disebut sebagai soundcard PCI. Sound card jenis ini memiliki kualitas pengolah bunyi lebih cantik daripada soundcard onboard , sehingga bunyi atau audio input (rekaman) atau output balasannya sangat bagus.

3. Sound Card External

fungsi soundcard eksternal usb
Soundcard external ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang dipasangan/disambungkan ke komputer hanya melalui port USB. Sound card ibarat ini ialah model terbaru yang sekarang ini banyak diharapkan , selain hasil suaranya berkualitas , pemasangannya juga tinggal plug and play. Soundcard eksternal ini cocok digunakan untuk melaksanakan perekaman suara.
Beberapa produsen sound card yang meraih kesuksesan di Indonesia antara lain sound blaster dan creative labs.

Fungsi Sound Card Lengkap

Fungsi sound card yang paling utama yakni sebagai pengolah data audio atau bunyi pada komputer. Secara umum fungsi sound card sebagai berikut :
  1. Sound Card berfungsi untuk mengkoversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic
  2. Sound Card berfungsi sebagai alat yang membantu memproses audio/suara komputer
  3. Sound Card berfungsi untuk meningkatkan kualitas input dan output suara/audio misalnya kualitas audio surround HD , home theater , dan bioskop.
  4. Sound Card berfungsi untuk membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan bunyi ibarat bass booster , 3D sound , theater sound , live sound dan banyak sekali fitur lengkap lainnya.
  5. Sound Card berfungsi untuk membantu mengatur besarnya volume dan equalizer bunyi yang keluar atau masuk (rekaman).
  6. Sound Card berfungsi untuk mengkonversi audio dari piringan hitam/kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  7. Sound Card berfungsi untuk mengolah data bunyi rekaman (suara input) baik secara pribadi bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga ibarat amplier/microphone.
  8.  Sound Card berfungsi untuk membantu editing dan mengolah bunyi atau audio musik
Dengan banyak sekali kelebihan fungsi dan manfaatnya yang sangat memiliki kegunaan untuk kenyamanan anda ketika bekerja di depan komputer. Sound card ini ialah hal yang wajib ada pada sebuah perangkat komputer , jikalau tidak ada sound card bayangkan saja , anda tidak mampu mendengarkan lagu kesukaan anda (baca: mengatasi komputer tidak ada suara) , tidak mampu mendengarkan bunyi film kesukaan anda. Terlebih bagi anda yang suka merekam , bunyi anda hanya akan sia-sia sebab komputer anda tidak mampu digunakan untuk merekam.
Makara , banyak sekali jenis pilihan sound card ini mampu anda pilih sesuai kebutuhan anda. Saya sendiri hanya memakai sound card onboard bawaan dari motherboard , sebab kebutuhan gua mungkin hanya untuk mendengarkan musik saja. Namun , bagi anda yang pecinta game atau ingin audia atau suaranya ibarat home theater anda mampu memakai sound card eksternal atau sound card PCI. Karena hasil kualitas bunyi dan audionya sudah pasti sangat bagus.
Demikianlah ulasan artikel mengenai pengertian dan fungsi sound card beserta jenisnya lengkap. Mungkin ada penjelasan dari beberapa ulasan artikel yang kurang mendukung mampu anda tambahkan melalui kolom komentar semoga gua mampu menambahkan dengan lengkap. Semoga isu ini mampu menambah keilmuan anda perihal perangkat keras komputer , terutama problem sound card. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap"